Panduan membuat CV (Curriculum Vitae) alias Daftar Riwayat Hidup;

(Moga-2 berguna dan bermanfaat)

1. Identitas (Data Pribadi) harus Jelas;
Misalnya; Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Agama, Status Perkawinan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (wajib ada). Buat kirim-kirim lamaran dan terima jawaban via email.

2. Pendidikan (akhir); Cantumkan pendidikan formal terakhir.

3. Kursus / Sertifikasi
Cantumkan Kursus-kursus dan atau Sertifikasi yang pernah di ikuti; lengkap dengan tahun/periode lama dari kursus/sertifikasi tsb lengkap dengan No.Registrasi dan masa berlakunya. Jangan lupa sebutkan nama Lembaga tempat kursus/Sertifikasi tsb.

4. Pengalaman kerja
Cantumkanlah pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya (yang terbaru sampai yang pertama kali); Jangan sampai kebalik. Lengkap dengan Periode Tahun masa kerja dan posisi yang dipegang sebelumnya, serta Jelaskan secara jelas apa-apa saja tugas anda.

Note:
Khusus for All Friends Drilling Rig Crew, Sebutkan juga Jenis dan Nomor Rig Tsb (Drilling/Service/Workover-ElectricSCR/Mechanichal/Cyber-Joy Stick), Brapa HP serta areal wilayah kerja dan siapa Client/Usernya. Supaya sang HR dan Juragan/mandor-mandor di Head Office lebih gampang menilai Kualifikasi & Kompetensi kita saat ada Recruitment.

Note lagi;
Jangan pernah membuat Data Fiktif alias Palsu, Maksudnya ngaku-ngaku pernah kerja di PT. A sebagai apa gitu; Kalau ntar ada yang tau and ketahuan; Bisa wasalam alias Gagal kerja di perusahaan tsb; disamping ngaku-2 dikategorikan sebagai tindakan pidana alias Penipuan. So, yang Jujur aja dalam membuat CV/Pengalaman kerja tsb.

5. Referensi Kerja / Contact Person
Cantumkan referensi kerja/Contact Person; Maksudnya adalah orang yang bisa dihubungi (Atasan/Mandor dari Perusahaan sebelumnya); Lengkap dengan Jabatan, No. Tlp/HP dan Alamat E-Mail ybs.

6. Dalam membuat CV, Gunakan kertas putih polos (jangan ada gambar-2nya) dan diketik dengan huruf-huruf standar; Misal “arial atau Times New Roman” (jangan terlalu kebanyak seni yang membuat kalimat/hurufnya tidak bisa kebaca)

7. Jangan lupa Lengkapi dengan Foto terbaru, Kalau bisa berwarna (pakai Jas + Dasi juga boleh), Jangan pakai Photo sambil bergaya, ya?

8. Dokumen pendukung
Jika mengirim via E-Mail; Usahakan File/Dokumen pendukung tsb di ZIP (winzip) biar ukuran file lebih kecil.
File yg perlu di kirim; Ijajah Sekolah terakhir/Transkrip Nilai, Sertifikat Training/Sertifikasi, Photo Copy KTP+KK+NPWP+JAMSOSTEK

9. Bahasa; Pergunakanlah Bahasa indonesia yang baik dan benar; Jika kita mempergunakan Bahasa Inggris alias English, coba periksa kembali kalimat per kalimat/Grammer (mana tau ada kalimat Inggris yang nge-Indonesia) bila perlu minta bantuan di Mbah Google (translation) namun harus di cek kembali karena Mbah Google tidak selalu sempurna dalam mengartikan Bahasa yang kita kehendaki

Mudah-2an bermanfaat, kurang dan lebih harap maklum, ya?

Wasalam,
SAR