Tags

, , , , , , ,


Disaat Orang Tua kita mau ngomong/berbicara sesuatu dengan kita,,,,,,Namun terkadang kita Bentak…..” DIAM…..! Ngomong aja Terus,,,,,,,,”  Padahal jika kita mau melihat beberapa tahun kebelakang,,,,,Waktu kita masih kecil,,,,,,,dan belum bisa melafalkan kata-2 dengan sempurna dan mencoba untuk ngomong apa adanya…..Orang Tua kita gak pernah Bosan,,,,mereka gak pernah capek dengarkan ocehan kita waktu kecil…..Mereka/Orang Tua kita tsb malah senang dan selalu berusaha untuk berbicara dengan anaknya,,,,,walaupun Kata-2……Kalimat-2 yang kita ucapkan terkadang tidak terlalu dimengerti namun mereka tetap mengajaknya untuk berbicara dan mendengarkan ocehan kita. Disaat dulu kita sering membuat rumah penuh berantakan dengan berbagai macam mainan, Mereka/Orang Tua kita selalu menegur dengan penuh kasih sayang dan sangat amat jarang Membentak kita dengan kalimat dan kata-kata yang keras dan tinggi. Namun terkadang saat kita Beranjak Dewasa dan hingga saat ini, mungkin kita Sengaja dan atau Khilaf terucap dari Lidah kita kalimat yang begitu menyakitkan kepada mereka,,,,kalimat yang tidak seharusnya dan sepantasnya terucap dari seorang anak kepada Orang Tuanya.

Dulu……disaat Orang Tua ingin jalan-jalan,,,,atau mau pergi ke suatu tempat; mereka selalu mengajak kita untuk ikut denganya,,,,,! Tapi,,,,,Bagaimana dengan Sekarang???? tak jarang kita selalu menolak ajakan mereka dengan berbagai alasan,,,,,yach,,,,mungkin karena kita malu dengan keadaan mereka yang sudah tua….! Mungkin malah terucap oleh kita….”Ya Udah Pergi Sana….!

Dulu waktu kita masih kecil,,,,disaat kita belum bisa mengucapkan/melafalkan kata-2 dengan baik dan sempurna, Orang Tua kita selalu mendengarkannya dengan senang,,,tak jarang mereka tertawa…tersenyum mendengar Ocehan kita yang gak begitu jelas,,,,,! Namun disaat Orang Tua kita sekarang sudah mulai memasuki Usia yang Sepuh/Tua, tidak lagi bisa berbicara dengan jelas/kuat,,,,tidak lagi bisa mendengar dengan sempurna……..Kita terkadang malah malas mendengarkan Nasehat/Omongan mereka; malah dengan sengaja kita buat-2 alasan yang terkadang menyakitkan hati mereka….” APA….??? Aku Gak Dengar tau…..???,,,,,malah terkadang mulut terucap……” Dasar Tuli../Pekak….apa gak dengar klo orang ngomong…  Padahal dulu,,,,,,mereka tidak pernah membentak kita, disaa kita mengucapkan kata-kata yang tidak begitu jelas oleh mereka saat itu.

Dulu mereka manjain kita,,,,,mengajari kita berjalan penuh dengan hati-hati, menjaga anaknya agar tidak sampai jatuh,,apalagi sampai terluka dan berdarah, Mereka selalu Sabar melatih kita berjalan; Baik dipagi hari,,,dibentaran rumput yang dibasahi oleh embun pagi,,,tak terkadang memberi terapi Ikan Belut ke Kaki anaknya agar bisa lebih cepat/bisa jalan,,,Mereka dengan Sabar melatih kita. Namun sekarang disaat Orang Tua kita sudah Tua,,,Mereka tidak lagi bisa berjalan dengan Cepat,,,,mereka tidak lagi bisa berjalan dengan sempurna,,,,,,,Terkadang mereka terjatuh,,,,,,,,,terkadang mereka perlu bantuan jika mau berdiri dan berjalan,,,,,,,,,! TERKADANG mulut kita dengan sengaja membentak mereka,,,,,, Bisa jalan gak sih,,,,,,,,,,,,,Kalo jalan yang Bener dong…….!!!. Padahal dulu mereka tidak pernah ngomong seperti itu kepada anaknya,,,,,,,

Sekarang Mereka sudah tua,,,,,,,,,

Penglihatan & Pendengaran mereka tidak lagi jelas,,,,,,,,,

Langkah mereka tidak lagi Gesit,,,,,,,,,

Daya ingat mereka tidak lagi sekuat dulu,,,,,,,,,  

Masih ingatkah kita beberapa tahun yang silam/lampau???

Ataukah kita tidak mau mengingat jasa-jasa mereka,,,,,,,

Ataukah karena kita sudah merasa hebat,,,,,,,

Ataukah karena kita sudah merasa Pintar,,,,,,,

Ataukah kita sudah merasa Kaya,,,,,,

Saya sendiri gak tau apakah Karma itu ada apa Tidak……

Namun,,,,360’ pasti akan terjadi kepada kita,,,,,

Kita akan Berkeluarga,,,,,,mempunyai Anak-anak…dan kita juga akan merasakan yang sama…

Merasakan bagaimana susahnya jadi Orang Tua…

Merasakan bagaimana susahnya mendidik anak…

Merasakan bagaimana di saat anak-anak sudah Remaja,,,,Dewasa,,,,,dan Kita menjadi Tua…

Mungkin kita akan mengalami hal serupa,,,,(Astaghfirullah,,,,,,,,,,,,) Mudah-2an jangan,,,

Kita coba merenung yuk…..! dan

berbuat sesuatu untuk mereka……..

Mencoba berbuat baik untuk mereka,,,,orang tua kita…

Mencoba membahagiakan mereka…

Gak bakalan habis kok Harta dan Uang kita…

Jasa-2 mereka sudah banyak,,,,,dan tidak akan pernah terbayar dengan Harta kita….

…….”Robbirhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” [Al Israa’:24]

……”Robbanaghfir lii wa lii waalidayya wa lilmu’miniina yawma yaquumul hisaab“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [Ibrahim:14]

,,,,,,,,”Robbighfir lii wa li waalidayya wa li man dakhola baytiya mu’minan wa lilmu’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh zhoolimiina illa tabaaro“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” [Nuh:28]

Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Doa Untuk Ibu Bapa

Ibuku,,,,adalah Wanita tercantik di Seantero Jagad Raya,,,,,

SELAMAT HARI IBU……...

Wasalam, SAR