Tags

, , , , , , ,


PIMPINAN ???

Kira-kira, kalau mau dan kepingin menjadi seorang Pemimpin itu harus bagaimana ya ?

Apa harus ada syarat khusus, gak ? yah…….setidaknya agar menjadi seorang pemimpin yang baik maksudnya.

Kalau saya uraikan seperti dibawah bagaimana ? Kalau kira-kira menurut anda benar ya syukur Alhamdulillah, tapi kalau menurut anda sekalian salah; ya tolong di maafkan, wong namanya juga saya bukan seorang pemimpin yang baik dan juga belum tentu benar, hehehehe.

Ok, Kalau menurut saya (pribadi) adalah sebagai berikut:

  1. Seorang Pemimpin harus jujur,
  2. Seorang Pemimpin harus berani mengambil sikap,
  3. Seorang Pemimpin harus mau dan bisa bertanggung Jawab atas perintah kepada bawahannya,
  4. Seorang Pemimpin harus bisa, mau dan mampu memberikan pencerahan/motivasi kepada bawahannya
  5. Seorang Pemimpin harus mempunyai “banyak gaya” (bukan sok-sok’an atau belagu ya….) dalam mengatasi para bawahannya. Beda sikap bawahan, pasti beda perlakuan dari sang atasan.
  6. Seorang Pemimpin harus mempunyai bawahan yang berkualitas

Nah, supaya ada Kerjasama yang baik didalamnya; antara Pimpinan dan bawahan, maka sangat dan amat diperlukan sekali “KETERBUKAAN” dalam hal ini saya sebut dengan KOMUNIKASI.

Tanpa ada KOMUNIKASI yang baik, maka tidak akan tercipta suatu keharmonisan didalamnya; Bagaimana ? Betul apa benar ? Silahkan dicermati, kalau setuju berarti anda adalah seorang yang bijak didalam ruang lingkung pergaulan sehari-hari, NAMUN jika anda tidak setuju dengan yang saya sebutkan diatas, YO WES KAREPMU WAELAH !

Menjadi seorang Pemimpin itu harus FLEXIBLE and EASY GOING, gak boleh nge-BOSSI kepada para bawahan, sehingga para bawahan dengan leluasa berkomunikasi dengan Atasannya/Pimpinannya, nah…..yang paling penting adalah, kalau sudah berkomunikasi JANGAN terlalu Resmi deh, ntar susah dapat Ide/Clue gambaran yang dimaksud.

Kalau sudah mengarah kepada hal yang bersifat Pribadi, jangan ngomong ngalor ngidul di semua para bawahan; Kasihan kan si Bawahan yang menjadi “tersangka”, ajak ngobrol seperti acara 4 Mata aja; Biar lebih Enak dan enjoy, setidaknya ada sedikit Privacy antara Bawahan dan Pimpinan tersebut.

Begitupula disaat Bawahan “curhat” kepada Pimpinan, seharus dan sebaiknya Pimpinan HARUS mau mendengarkan apa yang ingin mereka sampaikan, Hargai “curhatan” bawahan tersebut, bertanyalah tanpa menyinggung perasaan sang Bawahan dan pastikan juga supaya sang Bawahan tidak segan untuk berkomunikasi mengenai masalah-masalah yang ada mengenai pekerjaannya; jangan sekali-kali si Pimpinan tadi Mikir pake lama, seperti gimana gitu; Mikir/merenung kok pake lama, Cape deh…!

Nah, yang musti dan kudu diinget adalah, Kalau Bawahan anda sudah membuat anda senang dan/atau bahkan sudah membuat “SESUATU” terhadap Perusahaan, Jangan lupa beri suatu penghargaan…Apresiasi atau semacamnya gitu deh; Bukan Nilainya yang mereka minta loh, tapi…..ada rasa dan kesan gimana gitu kalau Hasil kerja mereka di hargai oleh Pimpinan. Soale kebanyakan para Pimpinan sekarang kan TB alias Terima Bersih, Plus bahkan Hasil kerja Bawahan malah diakui hasil kerjanya. Ckckckckckckc……! But, I hope I’m Not Like that, LOL

Pimpinan = Bawahan = JUGA MANUSIA ! So, keep respect to each other; anywhere, anytime…

Don’t know with you guys, if you are as PIMPINAN, Fully Agree with all the Words or not?

Whether unbelievably, its’ depend on your heart to feel it

Wasalam – SAR