Tags

, , , , , , , , , , ,


MERDEKA………MERDEKA………MERDEKA

Kalimat tersebut sangat tidak asing bagi telinga kita, khususnya Warga Negara dari Bangsa Indonesia; Lebih tepatnya Republik Indonesia,

  • MERDEKA itu Apa ?
  • MERDEKA itu Bagaimana ?

Apakah kita masih mengingat dengan Kalimat berikut………….”KeMERDEKAan itu ialah Hak segala Bangsa……..”

Baik, mari kita coba tafsirkan kata demi kata atas penggalan Kalimat tersebut :

  • Kemerdekaan = Silahkan dicari sendiri…….
  • Merdeka =Silahkan diartikan sendiri….
  • Hak =Silahkan dicari sendiri…….
  • Bangsa =Silahkan diartikan sendiri….

Hari ini, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2015; Indonesia sudah memasuki usia yang ke-70 Tahun dan sudah bisa dibilang usia yang cukup “sepuh

Bagaimana Indonesia bisa Merdeka ? Merdeka dari Siapa ? Merdeka dengan Cara apa dan bagaimana? Dalam hal ini saya gak mau menceritakan secara detail, karena sudah tentu kita semua mengetahui sejak kita duduk di bangku sekolah dasar hingga saat ini, Baik itu mendengar langsung dari guru/dosen pembimbing, orang tua, para pejuang dan bahkan via Internet atau Dunia maya.

Pertanyaannya adalah; Apakah saat ini kita sudah MERDEKA ?

Sudah tentu jawabannya akan bervariasi dan beraneka ragam; Misalkan….

YA, Indonesia sudah Merdeka……..karena sudah tidak ada Perang………..(ah…….apa bener begitu…..? tuh di daerah-daerah masih ada perang antar suku/anak sekolah/preman)

YA, Indonesia sudah Merdeka……..karena pemerintah sudah menciptakan lapangan kerja (ah………yang benar saja, buktinya PHK masih merajela; Upah buruh semakin gila dan mencekik leher dan belum lagi dengan masuknya Tenaga Kerja Asing sebagai buruh biasa………Gimana ? Apa masih disebut sudah Merdeka ???

YA, Indonesia sudah Merdeka……..Karena Fakir Miskin dan anak-anak terlantar dipelihara negara (kata UUD 1945)……………(bener gak tuh…….coba lihat, masih banyak juga ber-Tebaran dibeberapa pelosok negeri)

Indonesia, Belum sepenuhnya Merdeka dalam artian yang luas. Begitu banyaknya Tenaga Kerja Wanita yang pergi ke  Luar Negri ? Kenapa bisa keluar negri ? karena di Indonesia tidak ada kesempatan dan peluang kerja, Karena di Indonesia belum sepenuhnya memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. TKW hanya dianggap sebagai Devisa, entah Devisa apa yang dimaksud. Disaat TKW bermasalah………Pemerintah mungkin hanya akan care dan aware disaat ada pemberitaan saja. Serta begitu banyak kasus-kasus lainnya.

Indonesia Belum sepenuhnya Merdeka dalam artian yang luas, Pihak Asing masih “mendominasi” atas lahan kaya Nusantara kita; Lalu dimana Kata MERDEKA tersebut ? Disana………..di daerah nun jauh, dimana Saudara kita berada; di Wilayah Timur………Ya, Papua. Disanalah Lahan Emas yang HANYA dimiliki oleh Nusantara Indonesia. Namun kenapa pihak asing yang mendominasi serta pembagian “komisi” juga tidak bergitu berarti…………dan akan berakhir hanyalah akan berupa lahan yang kering, tandus, dan penuh galian.

Dulu…….memang ada para Pahlawan……….para pejuang yang membela Nusantara kita dari tangan penjajah, mereka berjuang untuk mempertahaankan dan merebut dari tangan para penjajah; hingga membuahkan hasil seperti saat ini……..ya…….sudah 70 tahun Usia kemerdekaan seperti hari ini.

images (1)

Lalu, Bagaimana nasib para pejuang tersebut ? Apakaha dihargai ? Apakah diperhatikan oleh Pemerintah ? Kita semua tau dan mengerti, sangat amat mengerti bahwa mereka para pejuang tersebut dihormati dan dihargai hanya disaat Indonesia memperingati HUT RI saja. Lebih dari itu………..entahlah…….

Bagaimana mereka hidup…..Dimana mereka tinggal ? Apakah pemerintah Peduli ?……..Entahlah….

Veteran RIVeteran R I

Sudah membaca atau mendengar berapa anggaran biaya untuk acara HUT RI ke-70 ? Monggo, silahkan di Check DISINI

Veteran Indonesia

Bagaimana dengan Pejuang saat ini ? Para anggota Dewan yang terhormat; apakah mereka memperjuangkan masyarakat Indonesia ? Apakah mereka sudah membantu masyarakat Indonesia disaat menghadapi masalah ? Jawabannya ada……..tapi Sedikit.

Bagaimana dengan Pejuang saat ini ? Para Pendidik yang mendidik para siswa/murid; apakah mereka sudah mendidik dengan sepenuh hati ? ataukah hanya sebatas……………..

Bagaimana dengan Pejuang saat ini ? Para Tenaga Medis; apakah mereka sudah melayani masyarakat dengan sepenuh hati………..ataukah masih melihat kondisi dan ……………..???? belum lagi dengan adanya BPJS……….yang begitu miris sekali pemeritaan di media massa dan kondisi nyata di lapangan.

Bagaimana dengan Pejuang saat ini ? Para Praktisi Tenaga kerja, Serikat Kerja/Buruh; apakah mereka sudah membantu/menjembatani aspirasi para buruh ? Dengan mensuarakan isi hati kepada pemerintah dengan hati yang ikhlas dan tanpa pamrih ? Berjuang demi Buruh apa adanya, Bukan karena Ada apanya ???

Masih banyak pejuang-pejuang lainnya saat ini………….kita hanya bisa melihat………..kita hanya bisa mendengar dan ikut merasakan………apa itu arti sebuah Kemerdekaan.

Semoga di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-70th ini, bisa membuat perubahan bagi Nusantara dan merubah pola pikir para pejuang modern saat ini.

HUT

MERDEKA………MERDEKA………MERDEKA