Tags

, , , , , , , , , , , , ,


Detergent biasa digunakan untuk menghapus dan/atau menghilangkan Noda pada pakaian yang dipakai oleh insan yang disebut sebagai Manusia. Terkadang, Pakaian berwarna putih yang kotor tersebut sangat membandel terhadap Detergent yang dipakai, sehingga tak jarang diperlukan Cairan Pemutih untuk membantu proses pencucian tersebut, agar pakaian putih yang kotor tersebut kembali putih bersih seperti semula.

Proses pembersihan kotoran dan/atau Noda tersebut memang bisa dilakukan dengan cara Manual dan/atau secara Otomatis alias Mesin Cuci; tergantung bagaimana Manusia tersebut mengatasi masalah pembersihan pakaian yang kotor tersebut.

Setelah Pakaian Putih tersebut dibersihkan dengan menggunakan Detergent plus Cairan Pemutih, baik secara manual ataupun dengan menggunakan Mesin Cuci. Biasanya sang Manusia akan berhati-hati menggunakan pakaiannya tersebut, terkadang dengan mengingat hal-hal apa saja yang menyebabkan mengapa baju putihnya begitu kotor dan kusam yang terkadang “letek” bin Kumal.

Manusia akan mengingat hal tersebut, dengan harapan sang manusia bisa menjaga bajunya agar tidak kembali kotor, walaupun kotor akibat pemakaian, namun setidaknya sang manusia akan berpikir dengan cerdas agar Pakaian Putihnya tidak terlalu kotor kembali saat dipakai nanti.

Memasuki bulan suci Ramadhan 1437 H tahun ini, tinggal selangkah beberapa hari kedepan dihadapan mata kita sebagai Insan yang tercipta sebagai Manusia; terkadang tiada terpikir oleh kita, ApakahPeriode Kontrak kita” alias Nyawa kita masih bisa bertahan untuk menghadapi dan mengikuti Bulan Puasa nan Suci Ramadhan tahun ini ? Wallahu’alam….hanya Allah yang mengetahuinya.

Kita hanya bisa berdoa dan bermohon agar “Periode Kontrak Nyawa” kita diperpanjang oleh Allah SWT, sehingga kita bisa menghadapi dan mengikuti Bulan Suci Ramadhan tahun ini, dimana didalam bulan Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan ini, kita sebagai manusia bisa “mencuci bersih hati kita yang kotor selama setahun belakang ini dengan beberapa perbuatan yang baik dan besar faedahnya, misal :

  1. Disaat Puasa Ramadhan khususnya, cobalah untuk membayar Zakat, karena didalam Harta kita terdapat Hak orang lain didalamnya, dan itu Wajib hukumnya. Karena dengan ber-Zakat, harta yang kita dapatkan selama ini akan menjadi bersih.
  2. Mendatangi dan menyantuni Anak Yatim (panti asuhan) dan Orang Tua di Rumah Panti Jompo, biasanya anak-anak Club Motor/Mobil sering melakukan hal ini dalam bulan puasa Ramadhan, apakah itu termasuk program kerja di Club mereka. Namun yang jelas di dalam Hadist Qudsi ada disebutkan bahwa “Anak yatim menangis, arasy berguncang. SabdaNya: Demi keagungan-Ku, siapa saja yang menghiburnya dan menghentikan tangisannya, Aku pastikan baginya surga (Hadist Qudsi 208). Rasulullah Saw bersabda, “Saya dan orang yang menanggung anak yatim atau lainnya di surga, dan orang yang membantu janda dan orang miskin seperti pejuang di jalan Allah.
  3. Memberi makan yang sedang berpuasa, sesuai dengan apa sudah di anjurkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, ““Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi).
  4. Begitu juga dengan Tadarus/membaca Al-Quran selepas Tarawih, dan masih banyak kegiatan-kegiatan positif lainnya; dimana kegiatan positif tersebut secara tidak langsung dan nyata dapat membuat perubahan dalam diri kita sendiri, Ibarat pakaian yang kotor dapat kembali bersih setelah kita cuci.

Insha Allah, Hati kita yang kotor tersebut dapat kembali bersih dan putih setelah kita cuci dengan cara-cara positif tersebut.

Lalu, apakah kita sudah siap menghadapi Bulan Puasa Ramadhan nanti ? Hanya kita sendiri dan Allah SWT yang lebih mengetahuinya.

FASTING MONTH CARD 2016

Semoga Bulan Puasa Ramadhan tahun ini menjadi berkah buat saya dan kita semua, Amiin ya Allah.

@SAR279