Tags

, , , , , , , , , , ,


Menjadi seorang PEMIMPIN itu, tidak hanya sekedar perintah sana-sani, Dikte sana-sini apalagi dengan gaya yang sok nge-Bossi kepada para bawahan 😉

Seorang PEMIMPIN itu harus bisa menjadi MULTI TASK Person, artinya bisa memimpin Diri sendiri dan juga memimpin orang lain disekitarnya.

Menjadi PIMPINAN atau seorang PEMIMPIN, HARUSLAH bisa menumbuhkan kepahaman dan kesadaran terhadap orang yang di-PIMPINnya demi sebuah “KEMAJUAN”, Dimana seorang PEMIMPIN haruslah bisa meng-Identifikasi suatu persoalan/masalah, bisa dan mampu merumuskan serta menyusun garis besar Masalah yang ada tersebut. Dimana semuanya harus di-Analisa untuk dicari “jalan keluar”.

PEMIMPIN itu HARUS bisa menunjukkan bagaimana cara mendapatkan bantuan dari pihak terkait dan menunjukkan Rencana Kerja (task to do) kepada para BAWAHANnya. Kasarnya adalah dia harus bisa mengarahkan dan mem-fasilitasi bawahannya, bukan hanya sekedar perintah untuk melakukan suatu pekerjaan saja.

PEMIMPIN itu harus mempunyai dan “MEMBANGUN” rasa KEPERCAYAAN yang TINGGI terhadap para bawahannya dalam melaksanakan suatu tugas, JANGAN CURIGA terlalu BERLEBIHAN. Bukankah seorang PEMPIMPIN sebelumnya sudah memberikan pengarahan kepada mereka sebelum melakukan tugas yang diberikan ? Jadi, Biarkan para Bawahan bekerja dengan gaya mereka, sesuai dengan Arahan dari anda sebagai seorang PEMIMPIN.

PEMIMPIN itu harus “SADAR” dan “TERBANGUN” dengan permasalahan yang timbul secara “mendadak”. Baik itu secara Internal dan/atau secara External. Jangan malah bingung gak karuan dengan masalah yang datang secara tiba-tiba , Karena sebagai seorang PEMIMPIN; anda harus “TANGGAP” dan harus mampu menyelesaikan dan mencari Jalan keluarnya 😉

Menjadi seorang PEMIMPIN harus BISA dan MAMPU memberikan Dukungan/Motivasi kepada para Bawahannya. Jangan terlalu sibuk dengan Tugas dan pekerjaan anda, Liat dan Perhatikan juga Tugas para bawahan anda yang juga BUTUH perhatian dan Dukungan/Motivasi dari anda.

Seorang PEMIMPIN itu Harus MAU bertanggung jawab penuh terhadap para bawahannya. Karena disana ada ROLE MODEL yang tercipta secara tidak langsung dan NYATA.

Ibarat Tukang Cat Profesional; SELALU MENCAT DARI ATAS KEBAWAH, bukan DARI BAWAH KEATAS 😉

#SAR279